kalahkan oktober

oktober ini menyenangkan
aku tak takut lagi menghadapi oktober
akhir bulan ini aku hadapi dengan seminar kolokium yang menyenangkan bagiku

korteweg-de vries
soliton
semua aku lakukan karena aku suka, bukan karena memenuhi tugas studi belaka

persamaan
rumus
integral
turunan
semua matematika membuat takut orang sejurusan, bahkan dosen yang mengatakan tidak akan takut itu

tapi aku berbeda
aku dilahirkan bisa matematika
aku dibesarkan dalam dunia matematika
dan aku suka geofisika
aku ditakdirkan untuk oseanografi
aku akan jadi raja bajak laut

aku bukan takut tidak bisa menjawab pertanyaan akhir bulan ini saat seminar
aku tidak takut menghadapi dosen yang ditakutkan semua teman-temanku
tapi aku takut ketika mereka tidak setuju dengan tujuan penelitianku
karena terlalu matematis mungkin

aku senang karena banyak teman-teman yang mensupportku
aku bebas berjalan kesana kemari
aku punya rumah tambahan sekarang
aku punya laboratorium ternyaman di oseanografi, terpencil dan dihangatkan oleh pemiliknya
aku punya orang tua baru
seorang pembimbing yang menceritakan apa yang dia lihat, bukan yang sekedar dia baca

sahabat terbaikku yang sudah bisa mengerti satu sama lain sudah kembali
aku telah menceritakan semua yang terjadi sebenarnya kemarin pada ulang tahunnya
aku sempat membuatnya marah (dengan sengaja)
sebagai alasan aku harus memberikan yang terbaik saat itu
tanpa dia marah atau tak ada yang menyadarkanku
aku tak yakin bisa memberikan sesuatu, apalagi yang terbaik
terima kasih dan maaf
aku memanfaatkanmu tanpa memberitahumu
karena kau takkan bisa memerankan dengan baik jika kau tahu alasannya

aku akan membaca lagi
aku akan menulis lagi
aku akan belajar lagi
aku akan menggambar lagi
aku akan memperhatikan lagi
karena aku sudah berangkat ke tempat perantauan baru
dan aku takkan kembali ke rumah yang dulu
dan aku sudah bisa menutup semua pintu dan jendelanya
dan rumah baruku sudah menyambutku
meski belum tahu dimana aku akan membangunnya

Comments

Popular posts from this blog

Asmarandana

Menanti Peri Kecilku

Kelembaban Atmosfer