Tugas Akhir \m/

Ini yang paling menyebalkan yang harus dihadapi oleh seorang mahasiswa. Mau tidak mau harus menghadapi yang namanya tugas akhir. Sebenarnya tugas akhir ini katanya merupakan karya kita yang pertama sebagai seorang mahasiswa. Kalo udah pernah lomba karya ilmiah mungkin punya pengalaman yang mirip (katanya).

Aku adalah mahasiswa jurusan Oseanografi di Institut Teknologi Bandung. Dulu saya belum kepikiran untuk masuk jurusan ini. Kehendak bapaklah yang membuat saya masuk jurusan ini. Sebenarnya tidak juga sih, bapak menyarankan beberapa pilihan seperti kriya, seni rupa, meteorologi, dan astronomi juga selain oseanografi ini. Padahal dulu aku cenderung geofisika, hanya saja jurusan itu sudah tidak ada lagi. Tinggal penyedia tools-nya si Teknik Geofisika.

Hanya bermodal semangat bajak laut dan keberuntungan lah, yang membawaku ke jurusan oseanografi ini. Karena ternyata, oseanografi adalah cabang ilmu geofisika yang memperlajari lautan. Doa itu memang ajaib dan DIA selalu mendengarkan kita, aku yakin itu.

Tugas akhir ini, aku akan dibimbing oleh Pak Hamzah Latief. Beliau adalah pakar Tsunami di Indonesia. Kiprahnya sudah terkenal. Alasanku memilih si Bos adalah karena dia adalah salah satu orang yang melihat terlebih dahulu, baru tahu alasannya. Bukan orang yang membaca dan mengerti alasannya, baru melihat fenomenanya. Seperti ceritanya dalam biografi singkatnya.

Labnya memang terpisah dari laboratorium program studi oseanografi lainnya. Pengasingan adalah hal yang menyenangkan, itu menurutku. Berada di keramaian yang sangat padat, sungguh menyiksaku. Oleh karena itu, aku malas sesungguhnya mengikuti perayaan seperti tahun baru atau nonton band, apalagi ceramah parpol -______-". Lain dengan idul fitri, pengajian, nonton bioskop, dkk, karena semuanya rapi dan tidak ramai. :)

Aku juga benci tahun baru, karena aku punya memori buruk saat itu. Sudah acaranya bikin bad mood, ditinggal pula -_______-". Untung itu malam jumat, di masjid agung jogja ada acara membaca surat Yasiin yang kuikuti sebagai obat dan aku dapet brekat. :D

Tema yang aku akan ambil adalah teorema penjalaran gelombang, dan aku ingin mengeksplorasi Teorema Stokes yang menggunakan deret power. Aku akan susun ulang pembagian wilayahnya, dan menghitung errornya. Semoga lebih halus jika dimodelkan, karena aku belum mencoba. :D

Lulus kapan pun bukan masalah, asal itu sesuai waktunya. Jangan prematur, jangan terlalu tua. Jika sudah waktunya, ya lulus aja. Nanti aku mau cari kerja yang sekiranya banyak menambah pengalaman lapanganku. Dan kuliah S3 di umur 30, agar aku bisa menjadi dosen. Seperti Indiana Jones dan Pak Hamzah dan Prof. Safwan Hadi, dan orang-orang yang aku kagumi, aku ingin melihat semuanya dulu, baru aku ceritakan kepada murid-muridku.

Comments

Popular posts from this blog

Asmarandana

Menanti Peri Kecilku

Kelembaban Atmosfer