Dosen Matematika

Andai kalian semua tahu
Aku adalah orang aneh yang suka berimajinasi dan berlogika di waktu yang bersamaan

drawing
playing music
dancing
making handicraft
writing story
talking
are all about how to make real your imagine
all people say it is from  right brain

math
science
thinking
are all about how to logic something real
all people say it is from left brain

hari ini aku ingin bercerita tentang para calon dosen pembimbing keduaku
yang sangat hebat di otak kirinya 

tugas akhirku tentang menghitung hubungan tinggi dan kecepatan gelombang karena perubahan topografi
sebenarnya aku ingin melihat jika itu adalah soliton, hanya karena itu menarik
 *padahal konsumsi S2/S3
jadi nanti aku pertimbangkan lagi
hanya saja, aku kan aneh, jadi biarlah seperti itu

tugas akhirku erat kaitannya dengan analitik 
sehingga aku diutus pak hamzah untuk mencari pembimbing kedua dari jurusan matematika
oleh karena itu, dengan segenap jiwa, kemarin aku bertemu para calon pembimbing keduaku

yang pertama adalah Pak Yudi Soeharyadi
beliau *ternyata* adalah ketua jurusan matematika
beliau adalah dosen kalkulus peubah banyak yang aku ambil tahun lalu
karena di dalam kalkulus kemarin ada persamaan KdV (salah satu persamaan penggerak soliton)
sehingga aku mengasumsikan beliau salah satu orang yang tepat

ternyata bertemu beliau adalah keputusan yang tepat
beliau menjelaskan tentang inverse scattering transform 
metode penyelesaian persamaan KdV yang paling benar saat ini, tapi kau bisa muntah jika melihatnya
dan beliau menunjukkan dua dosen lagi yang lebih cocok menurut beliau
kedua dosen ini masuk ke dalam KK gelombang perairan

berikutnya adalah Pak Leo H Wiryanto
beliau orangnya cukup nyentrik dengan rambut diikat
lebih mirip seniman daripada dosen matematika
beliau menjelaskan bahwa bukan hanya persamaan KdV untuk menjelaskan tugas akhir saya
ada persamaan perairan dangkal dan juga persamaan Boussinesq

beliau malah memperlihatkan bahwa persamaan KdV hanya bisa untuk penjalaran 1 arah
persamaan Boussinesq bisa untuk 2 arah penjalaran
dan persamaan perairan dangkal yang cukup bisa mencakup tranformasi gelombang di perairan dangkal
beliau juga menyarankan saya membaca bab 11 dalam  buku The Applied Dynamics of Ocean Surface Waves karya Chiang C. Mei
sepertinya kita harus makan banyak sebelum membaca itu, ahaha
beliau juga menghadiahi saya papernya tentang perubahan muka gelombang yang melewati breakwater

yang terakhir adalah Bu Sri Redjeki P
beliau orangnya santai, sesuai dengan yang dibilang Sulis (teman hebat saya, anak astronomi)
ketika saya menjelaskan tentang apa yang saya inginkan, beliau menjawab dengan entengnya,
'oh, itu sudah saya kerjakan kemarin waktu S3
benar, itu adalah teori soliton dan hampir pasti hasilnya *bla*bla*bla*'
whatthe~~
akhirnya beliau memberikan tawaran untuk mengikuti workshop
tentang program bernama SWASH dari Delft Universitry, Holland dengan pengisinya Prof. Guus Stelling
program ini mampu menggambarkan bagaimana cara menghitung jika numerik
sebenarnya saya ingin analitik sih, tapi orde tinggi seperti KdV memang yang mudah dan baik, ya numerik
dan workshop itu tanggal 16-20 Januari 2012
jadi sepertinya saya harus menunda seminar proposal TA
*nanti kita lihat saja*


hari senin kemarin memang hebat
rasanya seperti diterpa gelombang tsunami yang berisi ilmu matematika
aku suka matematika, aku suka menggambar, aku suka menulis, aku suka main musik, aku suka budaya, dan aku seorang oseanografi
tapi aku adalah aku

Comments

Popular posts from this blog

Asmarandana

Menanti Peri Kecilku

Kelembaban Atmosfer